Pecinta Alam Khaniwata Unsil Jadi Juara Nasional

  • Whatsapp
khaniwata unsil tasikmalaya

Tasikmalaya – Pegiat konservasi Tasikmalaya Anton “Goro” Kusumadinata terpilih menjadi Juara II kategori kader pecinta alam tingkat nasional pada kegiatan Lomba Wanalestari 2021 yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Aktivis pecinta alam dari Khaniwata Unsil Tasikmalaya ini mewakili Jawa Barat setelah terpilih jadi juara I pada ajang serupa di tingkat Jabar.

Bacaan Lainnya

Dalam penghargaan Wanalestari tingkat Jabar, Mapala Unsil juga terpilih jadi juara II dalam kategori kelompok pecinta alam.

Penyerahan penghargaan di tingkat nasional sendiri dilakukan langsung Menteri LHK, Siti Nurbaya secara virtual pada 19 Agustus 2021 lalu.

Sementara penyerahan penghargaan tingkat Jabar diberikan langsung oleh Wagub Jabar H. Uu Ruzhanul Ulum, di Manonjaya pada Senin (23/8/2021).

Ketua Mapala Khaniwata Unsil Jacob Malindra juga turut hadir saat menerima penghargaan tersebut.

Anton mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta membantu dia selama ini. Dia mendedikasikan penghargaan tersebut untuk masyarakat Tasikmalaya serta komunitas dan kelompok pecinta alam di kota santri.

Dia pun mengajak komunitas pecinta alam selalu intens menciptakan regenerasi kader yang concern dalam memperhatikan serta menjaga lingkungan.

“Aktivis lingkungan bukan hanya sekedar hobby olahraga alam bebas, lebih dari itu permasalahan lingkungan sangat luas dan komplek, sehingga harus jadi perhatian bersama,” kata Anton.

Menurut dia, kerusakan lingkungan mulai di hutan, laut, sungai dan lainnya merupakan tugas dan tanggung jawab bersama.

Hanya saja, aktivis lingkungan harus berada di garda terdepan dalam mendeteksi potensi kerusakan sembari terus mengkampanyekan kelestarian lingkungan kepada masyarakat luas.

Ia berharap dengan adanya kegiatan Wanalestari yang rutin digelar dapat memotivasi masyarakat untuk  berkegiatan peduli lingkungan dan dapat meminimalisir kerusakan lingkungan dengan program-program yang ada.*

Pos terkait