Ekonomi Bergerak Pemkot Tasikmalaya Optimistis Tutup Defisit Anggaran

  • Whatsapp
defisit kota tasikmalaya
WALI Kota Tasikmalaya H. M. Yusuf menyerahkan dokumen APBD perubahan kepada Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H. Aslim SH. *

Tasikmalaya – Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf mengaku masih cukup optimistis defisit anggaran sebesar Rp 4,5 miliar bisa tertutupi sampai akhir tahun 2021 ini.

Optimisme muncul karena roda perekonomian masyarakat sudah mulai bergerak kembali. Berbagai aktivitas usaha mulai hotel dan restoran mulai berjalan. Begitu pun tempat wisata mulai beroperasi. Hal itu bisa menjadi titik terang dalam menyongsong akhir tahun tanpa defisit anggaran.

Bacaan Lainnya

Terkait itu Yusuf menginstruksikan sejumlah petugas pajak supaya terjun langsung ke lapangan menjaring potensi pendapatan. Yusuf mengakui saat ini sumber pendapatan yang tidak tercapai signifikan, berasal dari sektor pendapatan asli daerah (PAD). Baik itu pajak maupun retribusi.

Situasi itu terjadi karena mayoritas aktivitas usaha dan transaksi benar-benar terdampak pembatasan sosial imbas pandemi COVID-19.

“Otomatis geliat transaksi di masyarakat melemah, sehingga berimbas kecilnya capaian pajak daerah,” ujar H. M. Yusuf usai menghadiri paripurna penyampaian raperda APBD Perubahan, di DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (4/10/2021).

Maka kata dia, dalam perubahan APBD tahun 2021 ini Pemkot hanya melakukan penyesuaian saja, dimana pendapatan dan belanja diseimbangkan agar prioritaskan program rutin yang sudah dicanangkan tahun ini bisa tetap berjalan.

Yusuf menjelaskan bahwa anggaran perubahan APBD 2021 menyesuaikan kondisi supaya cashflow di akhir tahun berimbang.

“Saat ini  menyisakan defisit sekitar Rp 4,5 miliar dan rencananya akan ditutup dari potensi pendapatan. Kita upayakan defisit itu bisa tertutupi, Insyaallah Rp 5 miliaran ini kita upayakan bersama agar tercapai, supaya perubahan APBD nanti berimbang antara belanja dengan pendapatan yang kita terima,” ujarnya.

Pos terkait