Nelayan Pangandaran Dilaporkan Hilang Saat Melaut di Cilacap

  • Whatsapp
nelayan pangandaran hilang cilacap
FOTO ilustrasi perahu nelayan.*

Pangandaran – Seorang nelayan asal Kabupaten Pangandaran dilaporkan hilang saat melaut di perairan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, Rabu (6/10/2021).

Berdasarkan informasi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, korban diketahui bernama Eko Purdianto (65) warga Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pengandaran.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan kecelakaan itu terjadi pada pagi hari di sekitar lepas pantai Srandil Cilacap. Saat itu dia melaut bersama Kusnadi (68) temannya.

“Saat menebar jaring, korban melihat ikan gogokan atau kakap cina timbul mengambang dari jaring,” kata Nyoman melalui rilis tertulis.

Melihat itu, kata Nyoman korban langsung terjun ke laut untuk menangkap ikan tersebut. Tapi ternyata korban malah tak muncul kembali ke permukaan.

“Korban yang selamat (Kusnadi) menunggu selama dua jam di lokasi kejadian dan berhasil ditemukan dan diselamatkan oleh nelayan asal Cilacap yang kebetulan melintasi area tersebut, kemudian kapal dibawa ke PPC Cilacap,” ujar Nyoman.

Kini pihak Basarnas melibatkan warga dan nelayan setempat untuk melakukan pencarian. Petugas SAR lain juga turut dikerahkan seperti Satpolair, Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap.

“Kami melakukan penyisiran di lokasi kejadian dengan menggunakan perahu rigid inflatable boat (RIB),” kata Nyoman.

Dirinya juga membagikan informasi terkait ciri-ciri korban yaitu mengenakan mantel warna biru dan kaos berwarna hitam.

“Ciri-ciri korban tenggelam memakai mantel biru dan kaos berwarna hitam dan perahu jukung berwarna biru putih bernama kapal Bintang Labuhan asal Kabupaten Pengandaran, Jawa Barat,” katanya.*

Pos terkait