Ada Fasilitas Wisata Baru di Pantai Pangandaran

  • Whatsapp
fasilitas baru pantai pangandaran
KAWASAN pantai di daerah Pamugaran sampai ke Cikembulan kini tampak lebih indah dan rapi.*

Pangandaran – Pantai Pangandaran kini memiliki fasilitas wisata baru yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Hal itu berkaitan dengan hampir selesainya proyek lanjutan pengembangan destinasi wisata pantai barat Pangandaran.

Penataan kawasan pantai itu memanjang mulai dari simpang tiga Cikembulan sampai ke dekat kampung turis Pamugaran. Kawasan bibir pantai yang semula kurang menarik bahkan sulit disinggahi oleh kendaraan, kini tampil lebih menarik dan tertata.

Bacaan Lainnya

Proyek yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 9,3 miliar tersebut membangun trotoar dan jalur pedestrian dari Cikembulan sampai ke kampung turis Pamugaran. Di sepanjang jalur itu dibuatkan pula ornamen-ornamen pemanis yang bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Selain itu dibangun pula sebuah saung atau gazebo, area parkir kendaraan, toilet dan musolla. Dengan pembangunan itu kawasan yang sebelumnya hanya berupa hamparan pasir dan pepohonan, kini berubah jadi lebih bagus. “Sudah selesai tinggal beres-beres sedikit lagi,” kata salah seorang pekerja, Kamis (7/10/2021).

Penataan Pantai Terus Dilakukan Pemkab Pangandaran

Pemerintah Kabupaten Pangandaran sendiri selama beberapa tahun terakhir ini terus melakukan pengembangan dan penataan objek wisata pantai Pangandaran. Penataan bibir pantai barat Pangandaran sebelumnya dilakukan beberapa tahun lalu mulai dari dekat cagar alam Pananjung sampai ke simpang tiga Pangandaran Sunset.

Kemudian tahun 2021 ini, proyek serupa dilanjutkan dari kawasan kampung turis Pamugaran sampai ke simpang tiga Cikembulan Pass.

“Upaya-upaya pengembangan dan penataan destinasi terus kami lakukan, agar kualitas pelayanan yang diberikan kepada wisatawan Pangandaran semakin meningkat,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Tonton Guntari.

Penataan penunjang pariwisata di pantai Pamugaran sampai ke Cikembulan Pass ini, menurut Tonton juga untuk menyebar konsentrasi wisatawan. “Di wilayah Pamugaran sudah banyak fasilitas. Sekarang ada jalur pedestrian, taman, area parkir dan fasilitas lainnya. Sebelumnya juga sudah hadir alun-alun Paamprokan. Dengan demikian wisatawan kini memiliki pilihan baru, sehingga penumpukan wisatawan bisa dihindari,” kata Tonton.

Selain itu yang tak kalah penting, penataan pantai Pamugaran sampai ke Cikembulan Pass diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat di wilayah tersebut. “Dengan penataan ini mudah-mudahan tumbuh simpul-simpul kegiatan ekonomi baru yang bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” kata Tonton.*

Pos terkait