Jembatan Cikidang – Pantai Timur Sudah Terhubung

  • Whatsapp
jembatan cikidang pangandaran
KENDARAAN melintas di jembatan Cikidang yang hampir selesai dibangun.*

Pangandaran – Jembatan penghubung antara pelabuhan perikanan Cikidang dan pantai timur Pangandaran hampir selesai dibangun. Kendaraan warga mulai hilir mudik melintasi jembatan di atas muara Cikidang itu. Sejumlah wisatawan pun berdatangan untuk berfoto di lokasi yang memiliki pemandangan laut yang indah tersebut.

Pembangunan jembatan ini disambut antusias oleh masyarakat. Karena dengan jembatan itu mereka tak harus memutar melalui jalur utama yang jaraknya sekitar 5 kilometer. Apalagi penantian masyarakat akan jembatan itu cukup lama.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya pembangunan jembatan Cikidang itu mulai dibangun pada tahun 2020 lalu. Namun karena pihak pelaksana awal tak sanggup menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak, pembangunan jembatan itu kemudian dilanjutkan pada tahun 2021.

Kondisi pandemi COVID-19, juga turut mempengaruhi realisasi pembangunan sehingga baru bisa diselesaikan di tahun ini.

“Pembangunan jembatan Cikidang selesai tahun ini, sekarang terus digenjot pembangunannya,” kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Minggu (10/10/2021).

Dia mengatakan pembangunan jembatan itu bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat, baik itu nelayan maupun masyarakat umum. Akses dari Cikidang ke pantai timur dan pantai barat Pangandaran kini lebih cepat.

“Untuk menunjang pariwisata juga sangat penting manfaatnya. Jadi akses wisatawan ke Pangandaran kini bertambah. Bisa masuk dari pelabuhan Cikidang, sehingga aktivitas pariwisata di pantai timur bisa lebih meningkat. Karena selama ini yang menjadi pusat keramaian terfokus di pantai barat,” kata Jeje.

Jembatan Cikembulan Tahun Depan

Disamping itu Jeje juga mengatakan setelah tahun ini merampungkan pembangunan jembatan Cikidang, target selanjutnya adalah menyelesaikan pembangunan jembatan Cikembulan – Karangtirta yang juga terhenti.

“Kalau jembatan Cikembulan – Karangtirta dilanjutkan tahun depan. Mudah-mudahan lancar dan dukungan anggaran dari provinsinya juga lancar,” kata Jeje.

Lebih lanjut Jeje menjelaskan pembangunan dua jembatan itu merupakan bagian dari rencana besar Pemkab Pangandaran membangun jalan lintas pantai, yang dimulai dari pelabuhan Cikidang sampai ke pantai Madasari Kecamatan Cimerak.

“Rencana besarnya kan ada jalur lintas pantai, mulai dari pelabuhan Cikidang, pantai timur Pangandaran, pantai barat Pangandaran, pantai Cikembulan, pantai Karangtirta, pantai Batuhiu, pantai Batukaras sampai ke ujung di pantai Madasari Kecamatan Cimerak,” kata Jeje.*

Pos terkait