Persma Suaka Universitas Perjuangan Tasikmalaya Terus Berkembang

  • Whatsapp
Persma Suaka Universitas Perjuangan Tasikmalaya
PEMBINA UKM Persma Suaka Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Dudu Risana, MM menyerahkan SK kenggotaan kepada salah seorang anggota baru UKM Persma Suaka angkatan 2020/2021, Jamaludin di bumi perkemahan Agrowisata Ciakar Tasikmalaya, Minggu (10/10/2021).*

Tasikmalaya – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persma Suara Kampus (Suaka) Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya terus berkembang. Hal itu berkaitan dengan adanya penambahan personil yang akan menggawangi kegiatan pers di kampus tersebut.

Sepuluh orang anggota baru yang telah mengikuti pendidikan dan bimbingan dari para seniornya maupun pembina UKM siap menjadi amunisi tambahan dalam memperkuat keberagaman isi dari produk  jurnalistik yang kelak disajikan dalam bentuk buletin maupun website.

Bacaan Lainnya

Dengan beragam latar belakang ilmu yang tengah mereka pelajari, isi dari buletin maupun website nanti bisa lebih kaya warna.

“Hanya, sekarang kita tengah fokus mempersiapkan terbitnya buletin tahunan sembari terus menjajaki pembuatan website khusus Persma sebagai wadah yang menampung karya jurnalistik mahasiswa,” ujar pembina UKM Persma Unper Dudu Risana MM, Senin (11/10/2021).

Sepuluh orang anggota baru itu dikukuhkan bersamaan dengan acara Milangkala UKM Persma Suaka Unper Tasikmalaya 2021 yang digelar di kawasan Agrowisata Perhutani Kampung Ciakar Desa/Kec. Sukaratu pada akhir pekan lalu.

Dudu menyadari bahwa membuat produk jurnalistik yang baik membutuhkan proses. Hanya, keinginan yang kuat dari para senior maupun anggota baru untuk meretas asa menjadi bagian dari pencatat sejarah beragam peristiwa atau kegiatan lainnya jadi modal utama.

“Persma Unper ini pun diharapkan jadi kanal dalam mempromosikan kegiatan kampus di dalam maupun di luar kampus. Kemudian ide dan gagasan seluruh civitas akademika Unper bisa terpublikasikan dan diharapkan bisa menginspirasi pembacanya,” ujar Dudu.

Ketua Persma Unper Himawan Sulistio didampingi Sekretaris Panitia Milangkala ke 2 dan pengukuhan anggota baru, Fatimah Fajria mengaku bersyukur dengan antusiasme yang ditunjukan para anggota baru untuk bersama-sama mempelajari jurnalistik.

“Para peserta juga bisa melewati beragam tantangan, sehingga bisa jadi modal berharga untuk meneruskan minat dan bakatnya dalam menekuni dunia jurnalistik,” ujar Himawan.

Antusiasme Anggota Baru Persma Suaka Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Sementara itu Jamaludin dan Fahmi dua anggota baru Persma Unper mengaku antusias mengikuti kegiatan itu karena selain termotivasi ingin belajar tentang jurnalistik yang lebih luas, juga ada juga kegiatan pendidikan mental yang cukup seru dan menegangkan.

Wulan dan Cindy, peserta lain pun mengaku banyak memperoleh pengalaman dan wawasan baru tentang pentingnya mengasah kemampuan wawancara dan menuangkannya dalam bentuk karya jurnalistik.

Ternyata, kata mereka, banyak hal baru dan wawasan lain yang harus dipelajari setelah acara itu. “Tetapi saya mantap bergabung dan sangat tertantang untuk terus belajar,” ujar Wulan.

Selain diberi materi, para peserta diberi tugas untuk mempraktekan teori mengenai teknik wawancara yang diperolehnya terhadap warga yang ada di sekitar kawasan wisata itu. Baik dari sisi dampak ekonomi keberadaan objek wisata itu maupun kesulitan warga untuk bertahan di masa pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah, hasil reportasenya cukup lumayan sehingga dinyatakan lulus sebagai anggota baru, ” ujar dia.

Pos terkait