Arti Kata Boncos dan Cuan yang Kian Populer

  • Whatsapp
arti kata boncos dan cuan

Arti kata boncos dan cuan, belakangan kerap mengusik nalar kita. Apa gerangan arti kedua kata tersebut. Apalagi penggunaan kata boncos dan cuan sering kali kita dengar dalam percakapan sehari-hari.

Dua kata ini menjadi bagian dari segudang kata gaul yang harus kita pahami artinya. Ya harus paham betul, jika tak ingin ketinggalan zaman. Apalagi sampai mempermalukan diri kita sendiri mana kala kita gagal paham dalam melakukan penafsiran serta salah dalam penggunaan dan pelafalannya.

Bacaan Lainnya

Arti Kata Boncos

Boncos merupakan sinonim dari kata rugi atau tak mendapatkan hasil yang kita upayakan. Penggunaannya pun cukup umum dan hampir semua kalangan atau komunitas, lazim menggunakan kata ini. Entah itu pedagang, pebisnis atau di kalangan komunitas hobi yang memiliki target. Misalnya memancing, berburu dan sebagainya.

Penggunaaan kata boncos umumnya dirangkai dalam sebuah kalimat keluhan atau menyedihkan. “Aduh sial, seharian memancing malah boncos,”. Kalimat ini berarti dia memancing seharian namun tak satu pun ikan yang didapat.

Di kalangan pedagang atau pebisnis, arti kata boncos lebih kepada situasi merugi. Tidak satu pun barang dagangan laku, tidak mendapatkan klien bahkan sampai modal habis, bisa disubstitusi oleh kata boncos.

Dari sisi konotasi bahasa, boncos lebih mengarah kepada ungkapan untuk menggambarkan situasi yang rugi. Tapi si pengucap tidak pantang menyerah. Artnya walau pun rugi atau kalah, dia tetap akan berusaha lagi.

Hal ini berbeda dengan kata rungkad atau ambyar, dimana makna kedua kata itu konotasinya mengarah kepada situasi yang lebih buruk atau tak tertolong lagi.

Arti kata boncos menggambarkan situasi yang merugi atau kekalahan, tapi mengandung makna tidak akan mundur atau masih ada harapan.

Arti Kata Cuan

Kebalikan makna dari boncos, arti kata cuan berarti untung alias menang banyak. Cuan sendiri berasal dari bahasa mandarin. Saudagar-saudagar keturunan Tionghoa yang mempopulerkan penggunaan kata cuan ini.

Orang yang berhasil mendapatkan untung dari kegiatan perdagangannya biasa menyebut dirinya cuan. Misalnya terjadi dalam contoh percakapan berikut. “Hari ini kamu cuan berapa?”. “Lumayan lah gua cuan Rp 5 juta,”. Mudah ditebak, arti cuan dalam percakapan itu adalah keuntungan. Atau selisih antara modal dan harga jual.

Penggunaan kata cuan belakangan ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan banyak media-media nasional menjadikan kata cuan dalam judul, sebagai substitusi kata keuntungan atau mendapat untung.

Demikian penjelasan arti kata boncos dan cuan, dimana makna kedua kata itu saling bertolak belakang. Boncos berarti rugi dan cuan berarti untung.*

Pos terkait